MRP Tolak Pemekaran Provinsi Papua

JAYAPURA, RABU –  Majelis Rakyat Papua (MRP) menduga telah terjadi rekayasa dalam proses penyusunan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang pembentukan provinsi baru di Papua. MRP telah menggelar rapat pleno yang menyatakan menolak RUU pembentukan provinsi baru di Papua.

Hal itu disampaikan Ketua MRP, Agus Alue Alua, di Jayapura, Rabu (13/2). Menurutnya, MRP ingin mengecek kebenaran pernyataan anggota DPR RI bahwa RUU pembentukan tiga provinsi baru di Papua berdasarkan rekomendasi yang ditandatangani Gubernur, Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), dan MRP.

“Ada anggota DPR RI yang menyatakan RUU pembentukan provinsi baru di Papua berdasarkan rekomendasi yang ditandatangani Gubernur dan Ketua MRP. Padahal MRP, DPRP, maupun Gubernur tidak pernah memberikan rekomendasi sebagaimana tata cara yang diatur Undang-undang Nomor 21

Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua. Besok atau lusa kami akan menemui Gubernur untuk menyatakan jika DPR RI memiliki surat rekomendasi maka surat itu pasti rekayasa,” kata Alua.

Ia menegaskan, MRP belum pernah menggelar rapat paripurna untuk membahas persetujuan pembentukan provinsi baru di Papua. “Jadi, kalau ada tanda tangan, maka itu tidak sah. Bahkan misalnya ada tanda tangan saya sekalipun, itu tidak sah. Saya sebagai pimpinan tidak memiliki wewenang untuk menyetujui atau menolak pemekaran provinsi. Yang berwenang adalah rapat paripurna MRP,” kata Alua.

Wakil Ketua MRP, Hana Hikoyabi, menjelaskan, pada Jumat (8/2) MRP telah menggelar sidang pleno terkait keberadaan RUU pembentukan tiga provinsi baru di tanah Papua. Dan rapat pleno memutuskan menolak rencana pembentukan tiga provinsi baru di Papua. “Itu merupakan kewenangan kami selaku lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua,” kata Hikoyabi di Jayapura, Rabu.

Keputusan yang dituangkan dalam Keputusan MRP Nomor 2/MRP/2008 itu, menurut Hikoyabi, belum secara resmi diserahkan kepada pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi Papua. (Aryo Wisanggeni G)

Source: Kompas 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: