Vanuatu Klarifikasi Isu Penggalangan Dana

MANOKWARI-Aksi pengumpulan dana untuk pendaftaran Papua Barat ke Komisi Dekolonisasi PBB oleh beberapa kelompok perjuangan kemerdekaan Papua Barat ditentang Pemerintah Republik Vanuatu. Hal ini disampaikan Director General George Maniuri Guovernement De La Republique Du Vanuatu yang disampaikan kepada LP3BH Manokwari melalui surat elektronik.

Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari Yan Christian Warinussy, SH kepada Koran ini mengaku pihaknya tidak bermaksud untuk melangkahi wewenang Presidium Dewan Papua (PDP) atau lembaga-lembaga perjuangan lainnya untuk memberikan klarifikasi dari Pemerintah Vanuatu. Klarifikasi yang disampaikan pihaknya atas beban moral sebagai lembaga yang bergerak di bidang hukum dan perlindungan hak asasi manusia.

George Maniuri yang mewakili kementrian luar negeri dalam suratnya memberikan tanggapan sehubungan dengan rumor-rumor yang disebarkan di Papua Barat oleh kelompok politik tertentu dalam organisasi perjuangan. ”Antara lain, pertama Pemerintah Vanuatu mendukung perjuangan rakyat Papua Barat untuk bebas dari dominasi asing dan hal tersebut resmi dan telah dideklarasikan oleh bapak kemerdekaan kami sejak hari pertama kemerdekaan kami,’’ terang Director General George Maniuri dalam surat elektroniknya.

Kedua, lanjut Maniuri dalam surat elektroniknya, pemerintah Vanuatu telah mengijinkan suatu kantor resmi berdiri di Port Vila yang disebut sebagai Kantor Perwakilan Rakyat Papua Barat mewakili semua organisasi perjuangan untuk kemerdekaan Papua Barat. Ketiga, pemerintah Vanuatu tidak memiliki program dan agenda lain yang berada di luar pengamatan atau supervisi Kantor Perwakilan Rakyat Papua Barat.

Keempat, pemerintah Vanuatu tidak pernah memohon bantuan pendanaan dalam bentuk apapun, dari siapa pun termasuk rakyat Papua Barat dan organisasi lainnya untuk membawa persoalan Papua ke tingkat regional maupun internasional. Kelima, pemerintah Vanuatu sangat menyesal atas tindakan manipulasi yang dilakukan oleh individu dalam organisasi perjuangan Papua Barat untuk mengotori perhatian Vanuatu selama ini yang murni.(sr)

Source: Radar Sorong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: