Tim Evaluasi Otsus Usulkan Perpu untuk Papua Barat

JAYAPURA, SENIN – Ketua Tim Evaluasi Otonomi Khusus Papua Departemen Dalam Negeri John RG Djopari MA mengusulkan agar pemerintah segera mengundangkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu) sebagai payung hukum keberadaan Provinsi Papua Barat.“Perangkat hukum yang paling cocok untuk menyelesaikan masalah Provinsi Papua Barat adalah Perpu. Jika kita merevisi Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua, bisa memakan waktu lama,” kata Djopari di sela-sela rapat Kerja Bupati/Walikota se-Tanah Papua di Jayapura, Senin (18/2).

Menurut Djopari, pembentukan undang-undang harus dikonsultasikan dahulu dengan DPR, sehingga memerlukan waktu lama. “Bisa memakan waktu dua sampai tiga tahun,” kata Djopari.

Mengenai peraturan pemerintah (PP), Djopari menyatakan tidak pas untuk kasus Papua Barat. Menurut dia, PP terlalu jauh jika harus mengatur soal payung hukum Papua Barat. “Jika ingin ada payung hukum dalam dua bulan, saya pikir Perpu yang paling cocok,” lanjutnya.

Secara terpisah Ketua DPRD Provinsi Papua Barat Jimmy D Itje mengingatkan bahwa yang membutuhkan payung hukum adalah pemberlakuan Otonomi Khusus bagi Papua di Papua Barat. Sedangkan pembentukan Provinsi Papua Barat tidak membutuhkan payung hukum baru.

“Dasar pembentukan Provinsi Papua sudah jelas, yaitu Undang-undang Nomor 45 Tahun 1999. Masalahnya Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tidak mencakup pemberlakukan Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua Barat. Jadi yang butuh payung hukum itu pemberlakukan Otonomi Khusus. Bukan pembentukan Provinsi Papua Barat,” kata Itje. (Aryo Wisanggeni G)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: