Pemkab Mimika akan Beli Pesawat Pilatus

MIMIKA, JUMAT – Penjabat Bupati  Mimika Drs Allosius Rafra mengatakan, pihaknya dalam tahun anggaran 2008 akan membeli sebuah pesawat terbang dari Swiss seharga Rp25 Miliar  yang untuk melayani masyarakat pedalaman.

Allo Rafra mengakui, pesawat jenis Pilatus Porter itu dibeli dalam kondisi baru dan merupakan produk 2008 sehingga pihak perusahaan minta agar apabila Pemda berminat, maka segera membayar uang muka Rp 700 juta.

 “Kami sudah meminta pihak perusahaan agar pembayaran uang muka dapat ditunda hingga Maret 2008 mendatang,” jelas Rafra.    Dikatakannya, dipilihnya pesawat berbadan kecil itu agar dapat dioperasikan ke wilayah pedalaman yang hingga saat ini hanya memiliki lapangan terbang.    Pesawat tersebut nantinya akan diserahkankan pengelolaannya ke perusahaan penerbangan milik missionaris yakni  Asosiation Mission Aviation (AMA) karena Pemda tidak memiliki pengalaman mengoperasikan pesawat terbang.    “Mudah-mudahan dengan adanya pesawat tersebut dapat membantu masyarakat di wilayah pedalaman dan terisolasi mengingat sebagain besar wilayah di Kabupaten Mimika hanya dapat dijangkau dengan menggunakan pesawat,” jelas Allo Rafra.        Ditambahkannya, saat ini pihaknya menyediakan dana sebesar Rp3 Miliar untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisi lapangan terbang di beberapa distrik seperti Jila, Jita, Agimuga dan Potoayaburu.   

Kabupaten Mimika sendiri saat ini memilik 12 distrik yang kebanyakan distrik itu membutuhkan pelayan dengan menggunakan pesawat terbang berbadan kecil. (ANT)

Source: Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: