Indonesia Beli 6 Unit Pesawat F16 dari AS

JAKARTA – Tak lama lagi, Indonesia akan memiliki enam unit pesawat tempur F16 edisi terbaru. Kini, Indonesia hanya memiliki empat unit F16 edisi lawas keluaran tahun 1970-an.

“Kita punya empat unit (F16) yang lama, yang baru mungkin sekitar enam unit. Jadi, empat yang lama dan enam yang baru, all together 10 unit,” kata Menteri Pertahanan (menhan) Juwono Sudarsono usai mendampingi Presiden SBY bertemu Menhan AS Robert Gates di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (25/2/2008).

 Diakui Juwono, empat unit F16 yang sudah lama dimiliki Indonesia itu dari jenis F16A dan F16B. Malah, kabarnya AS akan membantu spare part F16 edisi yang lama tersebut.  Rencana pengadaan enam unit F16 terbaru itu akan terealisasi sekira 4-5 tahun ke depan. Untuk harga satu unit F16 terbaru itu, dikatakan Juwono, mencapai USD30 juta. Sedangkan, Indonesia akan menerima USD16 Juta dari AS untuk pengadaan F16 itu. “Tapi, nanti tergantung berapa yang saya dapat dari Menkeu (Sri Mulyani), duitnya,” ujar Juwono.  Mekanisme pembelian itu dilakukan melalu Forum Military Sell (FMS) atau Forum Military Financing. Maka itu, dalam mekanisme transaksi itu rencananya empat unit F16 yang lawas akan mendapatkan onderdil terbaru untuk perbaikan. Tapi, apa ada tekanan atau syarat dari AS? “Sekarang ini, di kongres iklimnya mulai membaik,” tegas menteri dari Universitas Indonesia ini.(ism)  Source: Oke Zone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: