Raja Ampat Miliki Kapal Pendidikan

MANOKWARI, KOMPAS – Sebuah kapal pendidikan bernama Kalabia mulai Kamis (28/2) ini akan dioperasikan di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Kapal sepanjang 32 meter ini, yang dilengkapi peralatan dan perlengkapan pendidikan ekologi kelautan, akan berlayar setiap tiga hari dengan membawa maksimal 24 orang termasuk delapan awak kapal.

Kapal yang didatangkan dari Bali oleh LSM Conservation International Indonesia dan The Nature Conservancy ini kemarin telah tiba di Sorong dan mulai berlayar ke Waisai, Raja Ampat.

 Menurut Manajer Program Raja Ampat CI Indonesia Alberth Nebore, kapal Kalabia akan diresmikan oleh Bupati Raja Ampat Markus Wanma. Alberth mengatakan, kapal ini akan membawa anak-anak kepulauan lebih dekat mengenal lingkungan sekaligus menanamkan nilai-nilai konservasi laut sejak dini. Kapal ini dilengkapi dua kapal kecil yang dapat membawa anak-anak belajar menyelam menikmati keindahan laut serta dilengkapi perpustakaan, peralatan audio dan video, serta tempat tidur. Di samping kapal tertulis moto pendidikan lingkungan berupa ”Berlayar Sambil Belajar”. Alberth menjelaskan, Kalabia berasal dari bahasa suku Ma’ya di Raja Ampat. Kalabia digunakan etnis asli Raja Ampat ini untuk menyebut ikan hiu berbentuk kadal yang berjalan dengan sirip saat mencari makan di atas karang-karang. Kalabia ini umum disebut walking-shark atau Bamboo Shark atau Hemiscyliidae. 

Kalabia merupakan hewan endemik Papua yang terdapat di Teluk Cenderawasih, Raja Ampat, dan Teluk Triton Kaimana. Kehadiran Kalabia, ujar Alberth, akan mendukung visi Raja Ampat sebagai kabupaten bahari. (ICH)

Source: Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: