Spesies Baru Ikan Tawar Papua untuk Lelang Nama

Jakarta, Kompas – Sebanyak 11 spesies baru ikan tawar yang ditemukan Tim Ekspedisi Ikan Air Tawar 2007 di Papua oleh Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Akademi Perikanan Sorong, dan Lembaga Riset Perancis IRD-France diserahkan kepada pemerintah.

Pemerintah diharapkan selanjutnya melelang nama spesies- spesies baru itu untuk menghimpun dana riset dan pendidikan di Papua.

 Ada contoh yang menarik ketika Pangeran Monaco juga melelang nama-nama ikan spesies baru, dan menarik minat para filantropis. Cara serupa layak untuk diterapkan pada ikan spesies baru dari Papua,” kata Kepala Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP) Departemen Perikanan dan Kelautan Indroyono Soesilo, Rabu (27/2) di Jakarta. Menurut Indroyono, tim ekspedisi mengidentifikasi 11 spesies baru ikan tawar itu dari beberapa sungai dan jeram di wilayah Batanta dan Salawati di wilayah Raja Ampat, juga sungai-sungai di Sorong Selatan dan di Manokwari. Jenis ikan tersebut selama ini dikenal sebagai ikan pelangi (rainbow fish) dari kelompok Melanotaenia. ”Ekspedisi itu dijalankan dalam kurun Juni sampai Juli 2007 lalu, kemudian pada akhir Desember 2007 berhasil ditetapkan 11 spesies baru ikan tawar dari kelompok Melanotaenia,” kata Indroyono. (NAW) Source: Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: