Usul Pemekaran Kalau Sejahterakan Rakyat

BINTUNI–Wilayah Teluk Bintuni hanya bisa diusulkan dimekarkan menjadi beberapa kabupaten baru, seperti yang diwacanakan calon kabupaten Moskona, Babo dan Tanangge disamping kabupaten Teluk Bintuni saat ini, jika tujuannya untuk memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintahan dan pembangunan bagi upaya mensejahterakan masyarakat di daerah tersebut. 

Hal tersebut seperti yang tertuang dalam sambutan Bupati Teluk Bintuni drg Alfons Manibui, DESS yang disampaikan Wakil Bupati Drs. Akuba Kaitam saat menyampaikan pidato Jawaban Bupati pada Rapat Paripurna ke-3 pembahasan Perda APBD 2008 yang berlangsung Senin pekan ini.

Di hadapan para pejabat eksekutif dan legislatif di aula utama Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Teluk Bintuni dikatakan selain usulan pemerakan daerah otonomi baru, calon kabupaten defintif seperti yang diaspirasikan harus pula mengikuti aturan hukum dan memenuhi segala kriteria yang berlaku untuk mengusulkan calon daerah otonomi baru. Sebab sesuai aturan pemekaran kabupaten baru akan diusulkan setelah kabupaten induk memiliki usia 7 tahun atau lebih. Selain itu faktor lainnya yakni jumlah penduduk, luasan wilayah. “Minimal 5 distrik di daerah yang wilayahnya akan dimekarkan menjadi kabupaten baru,” ujar Akuba Kaitam saat itu.

Disamping itu, faktor lainnya, yang tak kalah pentingnya potensi wilayah. Dan hal itu dapat diketahui jika dilakukan kajian ilmiah yang obyektif dan komperensif. “Harus dilakukan kajian ilmiah yang obyektif dan komprehensif sebelum suatu daerah diusulkan untuk dimekarkan menjadi satu daerah otonom, seperti kabupaten baru,” ujarnya.

Maka itu, apapun aspirasi masyarakat untuk memekarkan wilayahnya menjadi daerah otonom baru harus dilakukan secara prosedural dangan melengkapi semua kriteria yang diharuskan dan tidak serta merta hanya memaksakan kehendak dan mengatas namakan rakyat. Padahal justru upaya tersebut bukan kehendak nurani rakyat, penduduk di daerah tersebut.

Kembali dikatakan oleh Bupati Alfons Manibui dalam sambutannya bahwa aspirasi pemekaran yang disampaikan masyarakat, oleh pemerintah daerah tetap memberikan ruang dan merespon secara positif, karena proses pemekaran yang baik dan benar pada hakekatnya untuk tujuan memperpendek rentang kendali pelayanan kepada masyarakat. (dan)

Source: Radar Sorong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: