Beberapa Pendemo Bakal Diciduk Lagi

MANOKWARI-Polisi serius memproses kasus pengibaran bendera Bintang Kejora saat demo menolak Peraturan Pemerintah (PP) nomor 77 Tahun 2007 Senin (3/3) lalu. Pasalnya selain telah menahan salah satu pendemo dengan inisial FK, polisi juga bakal menangkap beberapa orang yang terekam handycam mengibarkan Bintang Kejora. Termasuk akan memeriksa penanggungjawab demo Jack Wanggai selaku juru bicara West Papua National Autoruty (WPNA) Wilayah II Manokwari.

Kapolres AKBP Drs.Yakobus Marjuki yang dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan pihaknya akan tegas memproses kasus pengibaran Bintang Kejora, karena telah melanggar aturan yang ada di negara ini. Polisi berhasil mengamankan 3 bendera Bintang Kejora. Oleh karena itu polisi berkesimpulan bukan hanya satu orang yang mengibarkan bendera Bintang Kejora.

Kapolres menegaskan, segera menangkap orang-orang tersebut berdasarkan bukti yang sempat direkam melalui handycam polisi. Mereka-mereka yang mengibarkan bendera akan diperiksa untuk mengetahui apakah atas suruhan atau kemauan sendiri. “Ada pelaku pengibaran bendera Bintang Kejora lainnya yang akan segera kita tangkap untuk diperiksa dan diproses,” tuturnya.

Hasil pemeriksaan tersangka FK berdalih bendera tersebut dibawa untuk diserahkan kepada Kapolres untuk diamankan, bukan untuk dibentangkan. Namun, kata Kapolres, itu hanya alasan agar tidak diproses hukum. Kalau memang niat untuk menyerahkan pasti sejak Kapolres datang ke tempat demo. Tetapi kenyataannya saat Kapolres tiba bendera masih sengaja dikibarkan dengan semangat menyala-nyala.

Kapolres juga akan memeriksa penanggungjawab aksi. Apakah yang bersangkutan yang menyuruh pendemo mengibarkan bendera atau kemauan tersangka sendiri. Kalau bukan suruhan pasti akan dilarang. Tetapi karena dibiarkan, maka yang bersangkutan selaku penanggungjawab harus bertanggungjawab. Bahkan kalau terbukti penanggungjawab juga bisa ditahan bersama pengibar bendera Bintang Kejora lainnya.

Juru bicara WPNA Jack Wanggai yang dikonfirmasi Koran ini melalui ponselnya menyikapi langkah polisi untuk menangkap dan memproses hukum pelaku pengibaran bendera Bintang Kejora. Termasuk rencana pemeriksaan polisi Jack menjawab dengan santai. Polisi melaksanakan tugasnya dengan baik. “Silahkan saja polisi melaksanakan tugasnya, kami sudah siap bertanggungjawab dan menghadapi semuanya,” ujar Jack dengan nada santai sembari tertawa. (sr)

Source: Radar Sorong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: