Komnas HAM Pusat Minta Masukan Masyarakat Adat

 Terkait Pro Kontra Peluncuran Satelit

BIAK-Setelah melakukan pertemuan dengan DPRP, MRP dan Pemerintah Provinsi Papua, tim Komnas HAM Pusat Rabu (5/3) kemarin berkunjung ke Kabupaten Biak Numfor untuk meminta masukan dari masyarakat adat terkait pro dan kontra rencana peluncuran satelit.

Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih 5 jam (jam 10.00  14.00) di Kantor Dewan Adat Biak banyak hal yang terungkap. Mulai dari ketidakpuasan masyarakat terhadap rencana peluncuran satelit tersebut, dan sejumlah persoalan-persoalan Papua lainnya ikut dilaporkan ke Komnas HAM, termasuk lambang daerah.

Masyarakat dalam dialog itu menyatakan kurangnya sosialiasi dan terkesan kurang trasparan tentang proyek rencana peluncuran satelit tersebut. Artinya, mereka (masyarakat) kurang dijelaskan tentang dampak atau untung rugi terhadap masyarakat terkait dengan peluncuran satelit itu.

Masyarakat adat juga meminta kepada pihak Komnas HAM Pusat menyampaikan secara langsung keinginan masyarakat ke Presiden Susilo Bambang Hudhoyono. Hal itu dikatakan masyarakat karena merasa kurang dilibatkan dan diberikan penjelasan secara detail tentang proyek peluncuran satelit itu.

“Masyarakat tidak diberikan sosialiasi dengan baik terhadap peluncuran satelit ini. Perlu ada kejelasan tentang untung rugi, dan sejauh mana dampaknya ke masyarakat. Artinya masyarakat juha ingin tahu secara mendalam tentang peluncuran satelit ini,” papar Sekretaris Dewan Adat Biak, Apolos Sroyer, diikuti sejumlah penanya lainnya dan menyatakan hal yang hampir sama.

Sementara pihak Komnas HAM sendiri menyatakan akan menampung aspirasi masyarakat itu lalu menyampaikan ke pusat. Bahkan, mereka mengakui kalau dari hasil pertemuan dengan berbagai pihak di Papua seperti di MRP, DPRP dan Pemda Provinsi Papua terkesan tidak adanya keterbukaan soal proyek peluncuran satelit tersebut.

“Dari hasil pertemuan kami dengan berbagai intitusi, seperti DPRP, MRP dan Pemerintah Papua terkesan kalau mereka kurang mengerti tentang rencana peluncuran satelit ini. Tapi pada dasarnya sesuai dengan kapasitas dan tupoksi, kami Komnas HAM Pusat tentunya tidak tutup mata dengan hal ini,” papar Ketua Sub Pemantuan dan Penyelidikan Komnas HAM Pusat, Nurcolis didepan masyarakat adat(ito)

Source: Cenderawasih Pos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: