Pangeran Andrew Hanya 3-4 Jam

MANOKWARI- Jika tak ada halangan Pangeran Andrew Rabu (5/3) siang besok tiba di kawasan proyek LNG Tangguh-BP Indonesia,di distrik Babo, kabupaten Teluk Bintuni, provinsi Papua Barat. Untuk mengamankan kunjungan putra kedua Ratu Elisabeth II ini,melibatkan satuan TNI dan Polri yang akan berjaga-jaga di sejumlah titik.

Staf Humas Pemkab Teluk Bintuni, Drs Muklis kepada Koran ini, Senin (3/3) melaporkan,pemerintahan daerah bersama aparat keamanan pun telah melakukan persiapan menyambut kedatangan tamu istimewa ini. Diperkirakan kunjungan Pangeran Andrew hanya berlangsung selama 3-4 jam,akan didampingi Gubernur Papua Barat, Abraham O Atururi, Bupati Teluk Bintuni drg Alfons Manibuy serta sejumlah anggota Muspida.

Dikatakan Muklis,kedatangan adik putra mahkota Kerajaan Inggris, Charles ini,untuk mengunjungi pembangunan proyek pertambangan gas alam cair, LNG Tangguh, terkait dengan tugasnya sebagai perwakilan khusus Inggris untuk perdagangan dan investasi internasional.

Operator LNG Tangguh adalah BP,suatu perusahaan raksasa sektor migas. Kunjungan Pangeran Andrew yang 22 tahun bertugas di Angkatan Laut Inggris akan mendapatkan perhatian khusus dari Pemrov dan masyarakat Papua Barat, khususnya di kabupaten Bintuni,

‘’Untuk sementara ini,Pangeran Andrew berencana meninjau lokasi proyek LNG Tangguh di Babo,terutama pembangunan kilang di Saengga,’’ ujar Muklis kepada Koran ini via handphone Manokwari-Bintuni.

Dari Jakarta,Pangeran Andrew transit di Biak dan dengan menggunakan pesawat perusahaan akan langsung terbang ke bandara Babo. Dalam kunjungannya, Pangeran Andrew yang bergelar Duke Of York In akan disambut Gubernur, Bupati serta anggota Muspida. Singgah istirahat sementara di home base BP Indonesia,selanjutnya dengan menumpang helicopter perusahaan,Pangeran Andrew bersama-sama Gubernur Papua Barat dan Bupati Teluk Bintuni akan memantau dari udara sejumlah objek vital proyek LNG Tangguh atau fasilitas kilang,seperti anjungan lepas pantai,dermaga (LNG jetty),tanki,train dan suite office di Tanah Merah serta pemukiman warga di Kampung Tanah Merah baru. Sedangkan,pejabat lainnya akan berangkat lebih awal dengan speedboat menuju Tanah Merah.

Setelah berputar-putar dengan helikopter,tamu VVIP dari Inggris ini akan mendarat di kawasan kilang di Tanah Merah. Ia akan diajak untuk melihat dari dekat pembangunan 2 unit train yang hampir rampung,tangki penyimpanan gas alam serta jetty (dermaga), serta fasilitas lainnya,seperti condensate tank,BP dan KJP office,main control,main camp dan lainnya. ‘’Diperkirakan,kunjungan Pangeran Andrew di Babo hanya sekitar 3-4 jam dengan didampingi Gubernur dan Bupati serta anggota Muspida,’’ ungkap Muklis.

Pengamanan sang pangeran akan berlangsung ketat. Bahkan untuk urusan dokumentasi pengambilan foto ataupun gambar sudah diatur,hanya 2 orang yang ditugaskan. Selama ini,kawasan home base LNG Tangguh dan bandara di Babo maupun di Tanah Merah sangat tertutup, tak sembarang orang dapat masuk. Sehingga, pengamanannya pun diperkirakan tak ada hambatan.

Muklis juga melaporkan,mulai kemarin,satuan TNI dan Polri dari Manokwari maupun Sorong sudah digeser ke Babo maupun Tanah Merah. Pengaman kunjungan tamu terhormat ini dilakukan secara ketat,melibatkan Korem 171/PVT mengirim 52 orang pasukan gabungan pamatan Yonif/752 terdiri dari Denpom, Denkes, Tim Intel, Zipur dan Penrem serta kepolisian setempat. Pasukan pengamanan akan dibagi pada 3 titik lokasi yakni Bandara Babo, Kompleks LNG dan Kampung Tanah Merah.

Dari Jakarta dilaporkan, Pangeran Andrew semalam tiba di Bandara Halim Perdanakusuma langsung dari Inggris dengan pesawat jet milik Premier. Hadir menyambut kedatangan Andrew, Dubes Inggris untuk Indonesia. Tidak tampak pejabat, menteri atau staf kepresidenan yang menyambut Pangeran Andrew. Dari bandara, Pangeran Andrew langsung menuju Hotel Shangri-La untuk makan malam bersama para pengusaha asal Inggris.

Dalam kunjungannya yang berlangsung empat hari di Indonesia, selain ketemu dengan pengusaha asal Inggris, Andrew juga akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudoyono, menuju Biak untuk selanjutnya terbang ke Bintuni meninjau perusahaan gas milik Inggris.(lm/kom)

Source: Radar Sorong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: