Penderita Ispa di Kotaraja Cukup Meningkat

JAYAPURA-Kepala Puskesmas Kotaraja, dr Alexander M Thesia mengatakan, dari 2464 pasien yang ditangani pihaknya pada Februari lalu, 754 pasien diantaranya menderita Ispa (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) dan 303 menderita malaria.

“Dari 303 yang menderita malaria, 197 Malaria Tropika dan 106 malaria tersiana,” jelasnya kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini. Dikatakan, banyaknya penderita Ispa kemungkinan diakibatkan adanya perubahan cuaca yang drastis, dari hujan dan terik matahari cepat sekali berubahn dan membuat debu berterbangan. Secara tidak langsung akan membuat ketahan tubuh kita berkurang dari normalnya, sehingga banyak yang menderita Ispa.

Ditanya penanganan apa saja yang telah dilakukan untuk menyikapi hal itu, kata dia, salah satunya adalah pemberian obat serta penyuluhan agar menjaga ketahanan tubuh dengan mengkonsumsi asupan makanan yang bergizi.

Diungkapkan, pelayanan satu pintu yang pihaknya terapkan selama ini membuat semua pasien menjadi puas karena masyarakat mendapat pelayanan yang prima dari para medis yang ada.”Ini sesuai amanat Gubernur Provinsi Papua, Barnabas Suebu yang menginginkan pelayanan kesehatan secara gratis, kami harapkan ke depan Puskesmas-puskesmas akan memberikan pelayanan kesehatan yang gratis” tandasnya.(ind)

Source: Cenderawasih Pos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: