Suebu Diminta Tepati Janji Kampanye

JAYAPURA, SENIN – Gubernur Provinsi Papua, Barnabas Suebu diminta menepati janjinya yang disampaikan dalam  visi dan misinya ketika berkampanye pada pilkada Gubernur Provinsi Papua periode 2006-2011. “Selama dua tahun ini kami masih menunggu realisasi janji Barnabas Suebu dalam visi dan misinya yang disampaikan pada  kampanye pilkada Gubernur Papua periode 2006-2011,” kata tokoh intelektual masyarakat di pedalaman Papua, Stevanus Wetipo, kepada wartawan di Jayapura, Senin (3/3).

Penegasan Wetipo itu menyikapi kinerja Barnabas Suebu menjadi Gubernur Papua periode 2006-2011 yang dalam visi dan misinya pada kampanye pilkada menyatakan akan mengucurkan dana melalui Rencana Strategis Pembangunan Ekonomi Kampung (RESPEK) Rp 100 juta per kampung.

Namun, menurut Wetipo, semua janji Barnabas Suebu dalam kampanye yang tertuang dalam  visi dan misinya selama dua tahun terakhir menjadi gubernur Papua kurang terealisasi, bahkan 90 persen aparat di kampung belum menerima dana Respek bernilai ratusan juta rupiah itu.

Dana Respek bernilai ratusan juta itu hanya merupakan “gula-gula politik” ketika Suebu berkampanye menarik  simpati massa untuk memilih dirinya menjadi gubernur, tetapi kenyataannya Suebu belum menepati janjinya itu dan jangan sampai rakyat sendiri yang akan mengatakan bahwa dia telah berbohong.

Wetipo meminta Suebu agar secara serius menyelesaikan berbagai persoalan di Tanah Papua, seperti menuntaskan  pengucuran dana Otonomi Khusus (Otsus) Bagi Provinsi Papua yang bernilai trilunan rupiah tanpa ada pemotongan-pemotongan oleh aparat borikrasi dengan berbagai alasan.

Dana Otsus sejak dikucurkan tahun 2001 sampai 2006 di bawah Gubernur Papua, JP Solossa (almarhum) dapat dirasakan masyarakat di Tanah Papua, tetapi Suebu menjadi Gubernur Papua sejak 25 Juli 2006 sampai awal Maret 2008, kurang terlihat realisasi penyaluran dana Otsus itu.

Salah satu bukti ketidakpuasan rakyat terlihat antara lain  sebanyak lima bupati dari wilayah Pegunungan Tengah Papua  walk out pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bupati/Walikota se-Tanah Papua yang wilayahnya terbentang di Papua dan Papua Barat.

Kelima Bupati yang memboikot Rakerda itu adalah Bupati Pegunungan Bintang, Welintin Lod Wenda, Bupati Tolikara, John Tabo, Bupati Yahukimo, Onnes Pehabol, Bupati Puncak Jaya, Lukas Enembe dan Bupati Jayawijaya, Nicolaus Jigibalom. “Protes dan boikot para bupati dari wilayah  Pegunungan Tengah Papua itu pertanda bahwa  Suebu tidak mampu menjadi Gubernur Papua periode 2006-2011,” ujar Wetipo.

Wetipo bersama komponen masyarakat mendukung niat baik dari kelima bupati di Pegunungan Tengah Papua  untuk  mengajukan aspirasi rakyat agar Papua Tengah menjadi sebuah provinsi tersendiri agar mempermudahkan rentang kendali pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Menjawab pertanyaan, Wetipo meminta Suebu sebagai Gubernur Papua bersama sejumlah komponennya agar menyediakan dana untuk pemberian subsidi sembako dengan harga yang murah agar bisa dijangkau masyarakat berekonomi lemah. “Harga sembako di pesisir pantai, pedalaman dan pegunungan di Papua sangat mahal, sehingga masyarakat ekonomi lemah tidak bisa membeli karena itu perlu subsidi dari Pemprov Papua dengan dana Otsus Papua agar rakyat kecil di Papua dapat merasakan hasil dana Otsus itu,” katanya.

Dia menambahkan, apabila Suebu tidak bisa menepati janjinya yang tertuang dalam visi dan misinya itu maka ke depan, Suebu tidak dipercaya rakyat Papua menjadi gubernur. Apalagi Suebu pernah menjadi Dubes RI di Meksiko tetapi dengan pengalaman menjadi dubes tidak banyak berbuat untuk menyejahterakan rakyat di kampung-kampung terpencil dan terisolasi. (ANT) IMA

Source: Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: