Tegakan Kedaulatan, Siap Bertindak Represif

KAIMANA-Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Haryadi Soesanto di depan forum Rapat Kerja Daerah (Rakerda) meminta Bupati dan Walikota di Papua Barat perlu pendalaman ideologi. Selanjutnya disosialisasikan agar masyarakat yang belum paham tidak mudah terprovokasi pihak atau kelompok tertentu yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Pangdam, kegiatan Raker yang dilaksanakan ini merupakan kewajaran sepanjang hal itu dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat dan bukan kepentingan politik. Dengan tegas Pangdam menyatakan TNI tidak akan terlibat dan melibatkan diri dalam politik praktis karena TNI milik semua masyarakat. Untuk itu, dalam persiapan menghadapi Pemilu legislatif dan Pilkada tahun 2009 mendatang, semua unsur yang terlibat hendaknya tidak hanya siap menang tetapi juga siap kalah. Jangan sampai terjadi konflik horisontal yang merugikan masyarakat secara keseluruhan,” tegasnya.

Pangdam XVII Cendrawasih juga mengatakan, sebagai prajurit TNI dalam tupoksinya akan selalu menggunakan pendekatan yang persuasif dalam setiap tindakannya di lapangan. Namun apabila berkaitan dengan penegakan kedaulatan, TNI akan selalu siap dengan tindakan represif. Kondisi kamtibmas di wilayah Pangdam XVII Cendrawasih masih cukup kondusif. Jadi untuk saat ini tidak ada hal-hal menonjol yang meresahkan masyarakat.

Semua ini karena kesadaran masyarakat terhadap keamanan masing-masing daerah, bukan karena kehebatan TNI. Tetapi hal itu harus tetap diwaspadai terhadap pengaruh kelompok seperatis. Untuk itu akan tetap dilakukan dengan cara konsolidasi, melakukan berbagai kegiatan yang dapat menambah kesadaran masyarakat. “Untuk itu ke depan akan kita programkan berbagai kegiatan. Termasuk salah satunya yakni TMMD yang direncanakan tahun 2008 ini di Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Fakfak,” tutur Pangdam lagi.(ani)

Source: Radar Sorong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: